Senin, 04 Mei 2009

makalah filologi 1

Hubungan dan Kedudukan Filologi di antara Ilmu-Ilmu Lain

Filologi dengan ilmu lain, jika kita lihat dalam kajian filologi tampaknya ada suatu hubungan timbal balik dan saling membutuhkan antara satu dengan yang lainnya. Filologi dalam pengkajiannya tidak bisa terlepas dari ilmu-ilmu bantu lainnya, begitu juga dengan illmu-ilmu yang menjadikan naskah-naskah kuno sebagai sumber yang nominan dalam menentukan sebuah teorinya juga tidak bisa terlepas hubugannya dengan filologi.

A. Ilmu Bantu Filologi

Sebagaiman kita ketahui objek dari penelitian filologi ialah naskah yang berisikan teks-teks kunoyang merupakan karya dari pemikiran-pemikiran masyarakat zaman dahulu. Untuk mengethui pemikiran-pemikiran itu kita harus menguasai ilmu-ilmu yang bersangkutan dengan teks tersebut. Penguasan bahasa teks tida terlepas dari pemahaman terhadap masyarakat penghasil karya tersebut. Dengan demikian, teks tersebut harus dilihat dari konteks masyarakat dan bangsa yang bersangkutan.

Berdasarkan uraian di atas, dapatlah kita ambil kesimpulan bahwa dalam kajian filologi kita membutuhkan beberapa ilmu sebagai penunjang dan penguat dari penelitian filologi teresebut. Seorang ahli filolog harus menguasai kebudayaan, bahasa, dan pengetahguan dari masyarakat yang menghasilkan karya tersebut.

a. Lingguistik

Lingguistik merupakan suatu ilmu yang mempelajari bahsa yang berkembang dalam masyarakat dan perkembangannya. Karena bahasa teks sangat berbeda denagng bahasa sehari-hari masyarakat, maka seorang filolog harus menguasai lingguistik. Lingguistik pada mulanya merupakan bagian atau cabang ilmu dari filologi yang dipakai dalam metode penelitian filologi. Pada awal abad 20, lingguistik memisahkan diri dan menjadi salah satu disiplin ilmu yang berkembang di Eropa.

Dalam lingguistik, ada beberapa cabang ilmu yang dapat membantu dalam penelitian filologi, diantaranya sebagai berikut :

Etimologi : ilmu yang mempelajari asal-usul kata dan sejarah kata.

Sosiolingguistik : ilmu yang mempelajari hubungan dan saling pengaruh antar perilaku bahasa dangan perilaku masyarakat.

Stalistika : cabang ilmu yang mengamati gaya bahasa, ilmu ini di usahakan agar dapat menyelidiki keaslian naskah, dan menentukan usia naskah.

b. Pengetahuan Bahasa yang Mempengaruhi Bahasa Teks

Seorang filolog dalam penelitian naskah, ia harus paham bagaimana sebuah bahasa dapat mempengaruhi bahasa teks. Maksudnya dalam sebuah naskah terdapat beraneka ragam teks yang memiliki bahasa berbeda-beda, untuk itu para filolog harus mengenal atau mengetahui bahsa man yang telah menguasai isi nasakah tersebut. Pengetahuan bahasa ini dapat membantu filolog dalam memahami sebuah naskah.

c. Paleografi

Ilmu yang mempelajari tentang macam-macam tulisan kuno.[1] Filologi tidak hanya membahas tulisan yang berupa naskah, tetapi filologi juga membahas tulisan yang berada di benda-benda lainnya seperti makam, prasasti, dan uang logam. Dalam pengkajian filologi, seorang filolog di harus mengetahui dan mengerti akan macam-macam dan betuk tulisan kuno yang berkembang saat itu.

Paleografi biasanya bertujuan untuk :

* Mengalihbahasakan naskah bertulisan kuno, supaya dapat dibaca oleh masyarakat umum.

* Menerjemahkan tulisan kuno ke bahasa yang dapat orang memahaminya.

* Mengkronologikan dan mengelampokan benda-benda bersejarah pada tempatnya.

d. Ilmu Sastra

Naskah kuno yang berkembang di nusantara pada umunya berisi teks sastra, teks yang berisikan cerita rekaan. Untuk menkaji teks seperti itu diperlukan metode pendekata yang sesui dengan objeknya, yaitu metode pendekatan ilmu satra. [2]

Pendekatan ilmu sastra yang dipakai dalam pengkajian naskah-naskah yang berisikan teks sastra ialah :

* Pendekatan mimetik, pendekatan yang menonjolkan aspek referansil.

* Pendekatan pragmatik, pendekatan yang menojolkan penagruh karya sastra terhadap pembaca.

* Pendekatan ekspresif, pendekatan yang menonjolkan penulis karya sastra sebagai penciptanya.

* Pendekatan objektif, pendekatan memetingkan karya sastra sebagai struktur otonom, lepas dari latar belakang sejarahnya.

Selain empat dari pendekatan di atas, baru-baru ini ada satu lagi pendekatan yang dibahs oleh para sastrawan modern, pendekatan resptif, pendekatan ini menitikberatkan kepada tanggapan pembaca atau penikmat sastra ( secara umum ),

e. Pengetahuan tentang Agama

Selain naskah yang berisikan teks sastra, naskah-naskah lainnya yang berkembang di nusantara ialah naska yang berisikan teks agama ( Islam, Budha dan Hindu ). Untuk memahami teks-teks yang berbau keagamaan seorang filolog harus menguasai seluk beluk agama yang memiliki naskah tersebut. Dalam penelitiannya, filolog memakai metode pendekatan agama.

f. Sejarah Kebudayaan

Dalam pengkajian secara historis terhadap karya-karya lama diperlukan pengetahuan sejarah kebudayaan. Lewat sejarah kebudayaan dapat diketahui pertumbuhan dan perkembangan unsur budaya suatu bangsa. Kita mempelajari kebudayan suatu masyarakat untuk mengetahui seberapa jauh pemahaman masyarakat pada waktu itu dalam menuliskan pemikirannya dalam sebuah karya tulisan ( naskah ).

g. Antropologi

Telah dijelaskan di muka bahwa penggarapan naskah tidak dapat dilepaskan dari konteks masyarakat dan budaya yang melahirkannya. Untuk itu seorang filologdapat memnfaatkan hasil kajian atau metode antroplogi sebagai ilmu yang objek penyelidikanya manusia dari segi fisiknya, masyarakatnya dan kebudayaannya. Masalah yang bersangkutan dengan antropologi antara lain adanya sikap masyarakat dalam pemeliharaan naskah tersebut, apakah masyrakat menganggapnya sebagai benda kramat atau tidak .

Dalam perkembangan antroplogi, pada abad ke-20, folklor memisahkan diri dari cabang ilmu antroplogi. Folklor merupakan ilmu yang mempelajari tentang bahasa lisan dan upacara-upacara yang dianggap kramat oleh masyarakat. Bahasa lisan yang menjadi objek bagi folklor sangat membantu filolog dalam memahami dan mempelajari bahasa lisan suatu masyarakat.

B. Filologi sebagai Ilmu Bantu

Objek filologi adalah naskah-naskah yang mengandung teks sastra lama atau sastra tradisional. Filolog berkerja untuk memahami dan menelaah suatu naskah. Hasil telaah itu dapat di pergunakan untuk memahami perkembangan intelektualitas seseorang, adapt istiadat pada waktu itu dan bahkan dapat dipergunakan oleh ilmu-ilmu lain dalam mengkaji bidangnya masing-masing. Dalam pengertian penyajian teks, filologi bertindak sebagai ilmu bantu bagi ilmu-ilmu yang mempergunakanh naskah-naskah kuno sebagai objek kajiannya. Kiandungan dalam naskah lama itu beraneka ragam, jadi filologi membantu dalam mengelompokan sesuai dengan bidangnya. Ilmu-ilmu lain yang menjadikan filologi sebagai ilmu Bantu ialah ilmu sastra, ilmu sejarah, sejarah kebudayaan, ilmu hukum adat, ilmu agama, dan lain sebagainnya.

a. Filologi sebagai Ilmu Bantu Ilmu Sastra

Begitu banyaknya jumlah teks yang bernuansa sastra dan besarnya kecenderungan untuk menanganinya maka dalam perjalanan sejarah, filologi pernah di pandang sebagai ilmu sastra. Bantuan filologi terhadap ilmu sastra terutama berupa penyediaan sutingan naskah lama dan hasil penelaahan teks yang mungkin dapat dimanfaatkan sebagai bahan penyusunan sejarah sastra ataupun teori sastra. Hasil kajian dari teks lama akan sangat berguna untuk penyusunan teori-teori ilmu satra yang betul-betul bersifat umum.

b. Filologi sebagai Ilmu Bantu Sejarah Kebudayaan

Filologi banyak mengungkapkan khazanah ruhaniah warisan nenek moyang, misalnya kepercayaan, adat istiadat, dan kesenian. Melalui pembacaan atau penelaahan naskah banyak dijumpai penyebutan / pemberitahuan unsur-unsur budaya sekarang yang telah punah. Dengan memperhatikan hasil-hasil penelitian filologi menganai khazanah kebudayaan masyarakat, kita bisa mengetahui bagaimana perkembangan kebudayaan pada masyarakat itu.

c. Filologi sebagai Ilmu Bantu Sejarah

Naskah-naskah nusantara yang oleh pendukungnya di pandang berisi teks sejarah jumlahnya cukup banyak misalnya Negarakretagama, Pararaton, Babad tanah jawi, dan lain sebagainya. Naskah-naskah yang telah ditelaah oleh para filolog dapat di manfaatkan sebagiannya sebagai pengkajian sejarah nusantara. Selain itu, hasil-hasil kajian filologi yang telah di telaah dapat menjadi sumber primer dalam penelitian-penelitian sejarah berikutnya.

C. KESIMPULAN

Filologi dan ilmu-ilmu yang bersangkutan dengan naskah pasti memiliki hubungan timbal balik dan saling membutuhkan. Dalam kajian penelitian filologi, para filolog harus menguasai ilmu-ilmu yang bersangkutan dengan teks yang akan di telaah. Dalam penelitian ilmu-ilmu lainnya, para ilmuwan juga harus menguasai filologi agar dapat mendapat sumber yang dekat dengan kebenaran.

Ilmu bantu yang di pakai oleh para filolog dalam penelitiannya ialah Ilmu Sejarah, Ilmu Sastra, Ilmu Budaya, Agama, Lingguistik, Paleografi, dan Antopologi. Filologi juga menjadi ilmu bantu dalam pengkajian sastra, sejarah, budaya, agama, dan lain-lain.


DAFTAR PUSTAKA

Baried, Siti Barorah dkk. 1985. Pengantar Teori Filologi. Jakarta : PPPB.

Lubis, nabila. 1996. Naskah,Teks, dan Metode Penelitian Filologi. Jakarta : FKBSA Fak. Adab IAIN Syarif Hidayutullah.

Santoso, Ibnu. 2008. Ilmu Bantu Filologi. Yogyakarta : Ibnusantoso.Blogspot.Com.

Yudiara, Siti Zahara dan Mu’jizah. 2001. Filologi. Jakarta : PPUT.



[1] Siti Zahara Yudiara dan Mu’jizah, Filologi, ( Jakarta : PPUT, 2001), hal. 1.14

[2] Ibid., 1.17

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Salut buat artikelnya...
trima kasih banyak, ini sangat membantu saya dalam mengerjakan tugas kuliah..
salam kenal...